SEKILAS INFO
  • 3 tahun yang lalu / Launching web pondok pesantren putri Darul Fikri Bawen
WAKTU :

Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Puasa Senin dan Kamis Bagi Kesehatan

Terbit 18 Juni 2021 | Oleh : admin | Kategori : Pengajaran
Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Puasa Senin dan Kamis Bagi Kesehatan

Selain berpuasa di bulan Ramadhan, kamu juga pasti sudah tahu bahwa umat Muslim juga boleh untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah di hari Senin dan Kamis. Jika kamu terbiasa melakukan puasa Senin dan Kamis, maka kamu bisa dikatakan sebagai orang yang beruntung. Kenapa? Karena bukan sisi religius saja yang bisa kamu dapatkan, namun juga beragam manfaat lainnya, khususnya bagi kesehatan bahkan kecantikan.

Melansir laman Sehatq, puasa dianggap bisa menurunkan risiko diabetes, menjaga kesehatan kulit, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mencegah penyakit kanker. Apalagi jika diiringi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka. Pada kedua waktu tersebut, kamu tetap bisa mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula, tapi manfaat yang didapatkan pun akan berkurang.

Puasa dua kali dalam seminggu bisa membuat proses pembakaran lemak dan energi di tubuhmu menjadi lebih efektif. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya sebagai berikut.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang penting, karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Manfaat puasa yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan puasa dipercaya bisa membantu menurunkan kerusakan jaringan yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas.

2. Menurunkan berat badan

Saat berpuasa, kamu hanya akan mengonsumsi makanan di waktu sahur dan berbuka, tentu hal ini bisa mempengaruhi massa berat badan. Selain itu, terjadi penurunan kadar hormon insulin, hormon pertumbuhan, dan hormon norepinefrin.

Keadaan ini bisa merangsang pembakaran lemak di dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi. Pembakaran lemak tersebutlah yang nantinya akan mempengaruhi proses penurunan berat badan.

Faktanya, puasa dalam waktu singkat bisa meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh hingga 3,6–14 persen. Ini berarti, pembakaran kalori pun menjadi lebih cepat.

Namun, akan lebih efektif jika Sahabat Muslimah juga mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah pada waktu sahur dan berbuka.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jika kamu menjalani puasa Senin dan Kamis secara rutin, maka yang terjadi adalah kadar trigliserida, kolesterol, dan berat badanmu menurun. Jika kadar insulin di dalam tubuh lebih seimbang, maka risiko terjadinya penyakit jantung pun juga akan menurun.

4. Mencegah penyakit kanker

Puasa yang dilakukan secara rutin memang dipercaya bisa mengendalikan kadar insulin dan meredakan peradangan atau inflamasi di tubuh. Kedua hal tersebut merupakan faktor biologis yang telah lama dikaitkan dengan terbentuknya sel kanker.

5. Menurunkan risiko diabetes

Ketika kadar insulin dalam tubuhmu terkendali dikarenakan berpuasa pada Senin dan Kamis secara rutin, maka hal ini bisa menurunkan risiko seseorang terkena diabetes melitus tipe 2 dan juga membantu proses penurunan berat badan serta mengendalikan insulin, di mana dua hal tersebut memiliki berhubungan erat dengan diabetes.

6. Mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu penyakit gangguan otak yang paling umum terjadi. Diketahui, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini, sehingga cara terbaik saat ini adalah dengan mencegahnya.

Salah satu upaya untuk mencegah Alzheimer adalah dengan puasa Senin dan Kamis. Berdasarkan penelitian hewan uji, binatang percobaan yang berpuasa secara rutin mengalami penurunan risiko Alzheimer.

7. Menjaga kesehatan kulit

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, puasa Senin dan Kamis juga bisa menjaga kesehatan kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah karena proses regenerasi sel-sel yang rusak lebih cepat saat berpuasa.

Kemudian, puasa juga berperan sebagai proses detoksifikasi yang bisa mencegah munculnya jerawat. Dengan berpuasa, asupan makanan tertentu yang kerap menyebabkan timbulnya jerawat, seperti produk susu atau olahan berbahan dasar gula juga akan berkurang.

Yuk, mulai biasakan puasa Senin dan Kamis untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa!

SebelumnyaVideo Zionis Israel Menghina Agama Islam & Bangsa Arab: Nabi Muhammad Telah Mati! SesudahnyaKisah Orang Bani Israil yang Melakukan Cara Ekstrem Demi Mencari Ridha Allah

Berita Lainnya

3 April 2024

Gaji dan THR

3 April 2024

Malam Qadar

0 Komentar